RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMK DIPONEGORO DEPOK
Mata Pelajaran : Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
Kelas/Semester : XI PTBSM / Gasal
Alokasi Waktu : 1x 45 menit
Kompetensi Keahlian : Teknik dan
Bisnis Sepeda Motor
KKM/ KB : 75
A. KOMPETENSI INTI :
KI.3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konseptual, operasional
dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup
kerja Teknik dan
Bisnis Sepeda Motor pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan
potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
KI.4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan
bidang kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji
secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami
dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
KOMPETENSI DASAR :
3.1. Memahami
prinsip kerja mekanisme katup
4.1. Merawat secara berkala
mekanisme katup
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI ( IPK )
Indikator KD pada KI Pengetahuan
3.1.1. Mengidentifikasi komponen-komponen mekanisme katup dengan benar.
3.1.2. Menjelaskan prinsip kerja mekanisme katup sesuai buku manual servis.
Indikator KD pada KI Ketrampilan
4.1.1. Mampu
memeriksa kondisi komponen-komponen dari masing-masing mekanisme katup sesuai
buku manual servis.
4.1.2. Mampu melakukan penyetalan dan perawatan secara berkala mekanisme katup sesuai
buku manual servis.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
3.1.1.1. Setelah memperhatikan presentasi, membaca buku manual servis dan tayangan
video peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis mekanisme katup
3.1.1.2. Setelah memperhatikan presentasi, membaca buku manual servis dan tayangan
video peserta didik mampu menyebutkan nama dan fungsi komponen-komponen di
setiap jenis-jenis mekanisme katup . secara keseluruhan.
3.1.2.1. Setelah memperhatikan presentasi, membaca buku manual servis dan tayangan
video peserta didik mampu menjelaskan prinsip kerja di setiap jenis-jenis
mekanisme katup . secara keseluruhan.
4.1.1.1. Setelah memperhatikan presentasi, membaca buku manual servis dan tayangan
video peserta didik mampu memeriksa kondisi komponen-komponen dari masing-masing mekanisme katup
sesuai buku manual servis.
4.1.1.2. Setelah memperhatikan presentasi, membaca buku manual servis dan tayangan
video peserta didik mampu melakukan perawatan mekanisme katup sesuai buku
manual servis
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Jenis jenis mekanisme katup
2.
Nama dan fungsi komponen-komponen dari masing-masing
jenis mekanisme katup
3.
Cara kerja mekanise katup
4.
Langkah-langkah pemeriksaan mekanisme katup
5.
Langkah-langkah perawatan mekanisme katup
F.
PENDEKATAN, MODEL dan METODE
1.
Pendekatan : Scientific Learning
2.
Model/Strategi : KD
3.1 Discovery Learning KD 4.1 Problem Based Learning
3.
Metode : Diskusi
, presentasi, tanya jawab, dan penugasan.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam pembuka
kepada peserta didik. Peserta didik menjawab salam pembuka dari guru.
2.
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin
berdoa sebelum belajar.
3.
Guru menanyakan kabar peserta didik.
4.
Guru melakukan presensi kehadiran peserta didik.
5. Guru
memotifasi peserta didik dengan cara memberikan gambaran pentingnya
mempelajari mekanisme katup dengan kebermanfaatan pada kehidupan sehari-hari.
6. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada materi mekanisme katup peserta didik.
7. Guru menyampakan
metode serta kegiatan yang dilakukan dalam pembeajaran mekanisme katup. Peserta
didik bahwa di dalam pembelajaran ini menekankan kebermaknaan pencapaian
tujuan dan kompetensi, bukan hafalan.
8. Guru
menyampaikan teknik penilaian pada pembelajaran mekanisme katup.
9. Guru
menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari dalam pembelajaran mekanisme
katup.garis besar pemahaman Jenis jenis mekanisme katup dan kegiatan yang
akan dilakukan
10. Guru
menyampaikan apersepsi, dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan Scientific Learning,
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
A.
Pemberian Rangsang (Mengamati)
Peserta didik mengamati presentasi power point tentang jenis-jenis mekanisme katup
yang disampaikan oleh guru.
B.
Identifikasi Masalah (Menanya)
Guru merangsang siswa untuk menumbuhkan rasa keingintahuan dengan bertanya ;“Sebutkan jenis-jenis mekanisme katup? “
C.
Mengumpulkan data (Mengumpulkan Informasi)
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan
menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, internet) untuk menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang menyebutkan jenis-jenis katup.
D.
Pembuktian (Menalar)
Mengkatagorikan data dan
menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih
kompleks terkait dengan jenis-jenis mekanisme katup
E.
Menarik Simpulan (Mengkomunikasikan)
Menyampaikan hasil konseptualisasi
tentang jenis-jenis mekanisme katup.
|
30 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Peserta didik bersama-sama guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.
2.
Peserta didik melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3.
Peserta didik diberikan penugasan sebagai
penguatan dan pemantapan.
4.
Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang tentang komponen-komponen
mekanisme katup.
|
10 menit
|
H.
PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMIDIAL dan PENGAYAAN
1.
Penilaian Pembelajaran
No.
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran jenis-jenis mekanisme katup dan bekerja sama
dalam kegiatan kelompok.
b.
Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif.
|
Observasi
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2
|
Pengetahuan
a.
Menyebutkan jenis-jenis mekanisme katup.
b.
Menyebutkan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis mekanisme katup
|
Tes Tertulis
|
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok
|
3
|
Keterampilan
Mampu membandingkan penggunaan masing-masing jenis
mekanisme katup pada sepeda motor.
|
Tes tertulis
|
Penyelesaian
tugas individu dan saat di dalam kelas
|
2.
Pembelajaran Remidial
Pembelajaran
remidial dilakukan untuk peserta didik yang nilainya masih dibawah KKM dengan
nilai KKM 75.
3.
Pengayaan
Peserta didik yang telah mencapai nilai KKM diberi tugas untuk
menyebutkan nama dan fungsi komponon dari masing-masing jenis mekanisme katup
I.
MEDIA, ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
Media
1.
Slide Power Point presentasi jenis-jenis mekanisme katup
2.
Gambar jenis-jenis mekanisme katup
3.
Video jenis-jenis mekanisme katup
Alat dan Bahan
1.
LCD
2.
Laptop
Sumber Belajar
1.
Sudjarwo, Pemeliharan Mesin Sepeda Motor 2.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2.
Modul Memelihara Engine Berikut Komponen-komponennya,
OTO.SM.02.001.021
Depok, 10 Oktober 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Asngari, S.Pd.I. Rahmat Yunanto, S.Pd.
Kisi-kisi Penilaian Pengetahuan
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Ranah Kognitif
|
Indikator
Soal
|
Bentuk Soal
|
No. Soal
|
1
|
3.1. Memahami
prinsip kerja mekanisme katup
|
Jenis jenis mekanisme katup
|
C1
|
Pesertadidik dapat
mengidentifikasi jenis-jenis mekanisme katup
|
Tes Tertulis
|
1-5
|
Tes tertulis
1.
Sebutkan
fungsi mekanisme katup!
2.
Sebutkan
jenis-jenis mekanisme katup
3.
Sebutkan
keuntungan dan kerugian jenis-jenis mekanisme katup!
4.
Sebutkan
macam-macam penggerak katup!
5.
Sebutkan
contoh penggunaan masing-masing jenis mekanisme katup pada sepeda motor!
Jawaban
1.
Fungsi
mekanisme katup: Berfungsi untuk membuka dan menutup katup hisap dan katup
buang yang sesuai dengan firing order suatu silinder.
2.
Jenis
mekanisme katup:
OHV
(Over Head Camshaft)
OHC
(Over Head Camshaft)
DOHC
(Double Over Head Camshaft)
3.
Keuntungan
dan kerugian OHV:
a.
Konstruksinya
sederhana.
b.
Lebih
awet.
Kerugian:
a.
Tidak
bagus digunakan pada RPM tinggi.
b.
RPM
max hanya mencapai 9000 RPM.
Keuntungan
dan kerugian OHC:
Keuntungan:
a.
Proses
pembukaan dan penutupan lebih cepat.
b.
Bagus
digunakan pada mesin RPM tinggi.
Kerugian:
a.
Konstruksi
lebih rumit.
Keuntungan
dan kerugian DOHC:
Keuntungan:
a.
Suplai
bahan bakar lebih banyak.
b.
Katup
dapat dipasang lebih banyak.
Kerugian:
a.
Konstruksi
lebih rumit.
4.
Macam-macam
penggerak katup
Metode
timing gear.
Metode
timing chain.
Metode
timing belt.
5. OHV :
Honda CG
SOHC : Supra fit, Kharisma,
Revo, Smash, Shogun, Kaze, Blitz, Vega, Jupiter,
DOHC : Suzuki Satria FU, Honda CB
150 R
Pedoman Penskoran
NO.
|
Kriteria Jawaban
|
Skor
|
1
|
Fungsi dari mekanisme katup adalah
mengatur pemasukan gas baru ke dalam silinder dan mengatur pengeluaran gas bekas pembakaran keluar
dari silinder
|
10
|
Fungsi dari mekanisme katup adalah
mengatur pemasukan gas baru ke dalam silinder
|
5
|
|
Fungsi dari mekanisme katup adalah
mengatur pengeluaran gas bekas pembakaran keluar dari silinder
|
5
|
|
2
|
Jenis mekanisme katup:
OHV (Over Head Camshaft)
OHC (Over Head Camshaft)
DOHC (Double Over Head Camshaft)
|
10
|
3
|
Keuntungan dan kerugian OHV:
a.
Konstruksinya sederhana.
b.
Lebih awet.
Kerugian:
a.
Tidak bagus digunakan pada RPM tinggi.
b.
RPM max hanya mencapai 9000 RPM.
Keuntungan dan kerugian OHC:
Keuntungan:
a.
Proses pembukaan dan penutupan lebih cepat.
b.
Bagus digunakan pada mesin RPM tinggi.
Kerugian:
a.
Konstruksi lebih rumit.
Keuntungan dan kerugian DOHC:
Keuntungan:
a.
Suplai bahan bakar lebih banyak.
b.
Katup dapat dipasang lebih banyak.
Kerugian:
a.
Konstruksi lebih rumit.
|
60
|
4
|
Macam-macam penggerak katup
Metode timing gear.
Metode timing chain.
Metode timing belt.
|
10
|
5
|
OHV :
Honda CG
SOHC : Supra
fit, Kharisma, Revo, Smash, Shogun, Kaze, Blitz, Vega,
DOHC : Suzuki
Satria FU, Honda CB 150 R
|
10
|
Catatan :
Untuk soal no. 2. mampu menyebutkan 2
jenis mekanisme katup, skor 5 total skor maksimal 10
Untuk
soal no. 3 mampu menyebutkan 1 keuntungan atau 1 kerugian dari masing- masing
jenis mekanisme katup skor 10 total skor maksimal 60
Untuk soal no. 4. mampu menyebutkan 2 jenis penggerak mekanisme
katup, skor 5 total skor maksimal 10
Untuk soal no. 5. mampu menyebutkan penggunaan 2 jenis
mekanisme katup pada sepeda motor, skor 5 total skor maksimal 10
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata
Pelajaran :
Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
Kelas
/ Semester :
XI / 1
Tahun
Pelajaran :
2018 / 2019
Waktu
Pengamatan :
Selama pembelajaran
Indikator sikap aktif
dalam pembelajaran jenis-jenis mekanisme katup
1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil
bagian dalam pembelajaran.
2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil
bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian
dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok
1.
Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum
ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika
menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus
menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
1.
Kurang baik jika sama
sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif.
2.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus
dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda
√ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
Keterangan:
KB : Kurang
baik
B : Baik
SB : Sangat
baik
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETRAMPILAN
Mata
Pelajaran :
Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
Kelas
/ Semester :
XI / 1
Tahun
Pelajaran :
2018 / 2019
Waktu
Pengamatan :
Selama pembelajaran
Indikator terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan menyebutkan
contoh penggunaan masing-masing jenis mekanisme katup
1.
Kurang terampil jika mampu mengidentifikasi jenis-jenis mekanisme katup
kurang dari tiga.
2.
Terampil jika mampu
mengidentifikasi 3 jenis mekanisme katup.
3.
Sangat terampill, jika mampu
mengidentifikasi jenis-jenis mekanisme katup lebih dari tiga
Bubuhkan tanda
√ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Ketrampilan
|
||
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar