Selasa, 16 Oktober 2018

Contoh RPP Mekanisme katup sepeda motor


RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)


Sekolah                                   : SMK DIPONEGORO DEPOK
Mata Pelajaran                        : Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
Kelas/Semester                        : XI PTBSM / Gasal
Alokasi Waktu                        : 1x 45 menit
Kompetensi Keahlian              : Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
KKM/ KB                               : 75


A.       KOMPETENSI INTI   :
KI.3.       Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI.4.       Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor . Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.        KOMPETENSI DASAR :
3.1. Memahami prinsip kerja mekanisme katup
4.1.  Merawat secara berkala mekanisme katup
C.       INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI ( IPK )
Indikator KD pada KI Pengetahuan
3.1.1.      Mengidentifikasi komponen-komponen mekanisme katup dengan benar.
3.1.2.      Menjelaskan prinsip kerja mekanisme katup sesuai buku manual servis.
Indikator KD pada KI Ketrampilan
4.1.1.      Mampu memeriksa kondisi komponen-komponen dari masing-masing mekanisme katup sesuai buku manual servis.
4.1.2.      Mampu melakukan penyetalan dan perawatan secara berkala mekanisme katup sesuai buku manual servis.

D.       TUJUAN PEMBELAJARAN
3.1.1.1.       Setelah memperhatikan presentasi, membaca buku manual servis dan tayangan video peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis mekanisme katup
3.1.1.2.       Setelah memperhatikan presentasi, membaca buku manual servis dan tayangan video peserta didik mampu menyebutkan nama dan fungsi komponen-komponen di setiap jenis-jenis mekanisme katup . secara keseluruhan.
3.1.2.1.       Setelah memperhatikan presentasi, membaca buku manual servis dan tayangan video peserta didik mampu menjelaskan prinsip kerja di setiap jenis-jenis mekanisme katup . secara keseluruhan.
4.1.1.1.   Setelah memperhatikan presentasi, membaca buku manual servis dan tayangan video peserta didik mampu memeriksa kondisi komponen-komponen dari masing-masing mekanisme katup sesuai buku manual servis.
4.1.1.2.       Setelah memperhatikan presentasi, membaca buku manual servis dan tayangan video peserta didik mampu melakukan perawatan mekanisme katup sesuai buku manual servis
E.        MATERI PEMBELAJARAN
1.          Jenis jenis mekanisme katup
2.          Nama dan fungsi komponen-komponen dari masing-masing jenis mekanisme katup
3.          Cara kerja mekanise katup
4.          Langkah-langkah pemeriksaan mekanisme katup
5.          Langkah-langkah perawatan mekanisme katup
F.        PENDEKATAN, MODEL dan METODE
1.          Pendekatan             : Scientific Learning
2.          Model/Strategi         : KD 3.1 Discovery Learning KD 4.1 Problem Based Learning
3.          Metode                    : Diskusi , presentasi, tanya jawab, dan penugasan.
G.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.          Pertemuan 1
Kegiatan

Diskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.      Guru memberikan salam pembuka kepada peserta didik. Peserta didik menjawab salam pembuka dari guru.
2.      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin berdoa sebelum  belajar.
3.      Guru menanyakan kabar peserta didik.
4.      Guru melakukan presensi kehadiran peserta didik.
5.      Guru memotifasi peserta didik dengan cara memberikan gambaran pentingnya mempelajari mekanisme katup dengan kebermanfaatan  pada kehidupan sehari-hari.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada materi mekanisme katup peserta didik.
7.      Guru menyampakan metode serta kegiatan yang dilakukan dalam pembeajaran mekanisme katup. Peserta didik bahwa di dalam pembelajaran ini menekankan kebermaknaan pencapaian tujuan dan kompetensi, bukan hafalan.
8.      Guru menyampaikan teknik penilaian pada pembelajaran mekanisme katup.
9.      Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari dalam pembelajaran mekanisme katup.garis besar pemahaman Jenis jenis mekanisme katup dan kegiatan yang akan dilakukan
10.  Guru menyampaikan apersepsi, dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5 menit
Kegiatan Inti
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Scientific Learning, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
A.       Pemberian Rangsang (Mengamati)
Peserta didik mengamati presentasi power point tentang jenis-jenis mekanisme katup yang disampaikan oleh guru.
B.        Identifikasi Masalah (Menanya)
Guru merangsang siswa untuk menumbuhkan rasa keingintahuan dengan bertanya ;Sebutkan jenis-jenis mekanisme katup? 
C.       Mengumpulkan data (Mengumpulkan Informasi)
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, internet) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang menyebutkan jenis-jenis katup.
D.       Pembuktian (Menalar)
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan jenis-jenis mekanisme katup
E.        Menarik Simpulan (Mengkomunikasikan)
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang jenis-jenis mekanisme katup.
30 menit
Kegiatan Penutup
1.         Peserta didik bersama-sama guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2.         Peserta didik melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3.         Peserta didik diberikan penugasan sebagai penguatan dan pemantapan.
4.         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang tentang komponen-komponen mekanisme katup.
10 menit

H.       PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMIDIAL dan PENGAYAAN
1.          Penilaian Pembelajaran
No.
Aspek Yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap
a.    Terlibat aktif dalam pembelajaran jenis-jenis mekanisme katup dan bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
b.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Observasi
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2
Pengetahuan
a.    Menyebutkan jenis-jenis mekanisme katup.
b.    Menyebutkan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis mekanisme katup
Tes Tertulis
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3
Keterampilan
Mampu membandingkan penggunaan masing-masing jenis mekanisme katup pada sepeda motor.
Tes tertulis
Penyelesaian tugas individu dan saat di dalam kelas

2.          Pembelajaran Remidial
Pembelajaran remidial dilakukan untuk peserta didik yang nilainya masih dibawah KKM dengan nilai KKM 75.
3.          Pengayaan
Peserta didik yang telah mencapai nilai KKM diberi tugas untuk menyebutkan nama dan fungsi komponon dari masing-masing jenis mekanisme katup

I.          MEDIA, ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
Media
1.          Slide Power Point presentasi jenis-jenis mekanisme katup
2.          Gambar jenis-jenis mekanisme katup
3.          Video jenis-jenis mekanisme katup
Alat dan Bahan
1.          LCD
2.          Laptop
Sumber Belajar
1.          Sudjarwo, Pemeliharan Mesin Sepeda Motor 2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2.          Modul Memelihara Engine Berikut Komponen-komponennya, OTO.SM.02.001.021

Depok,  10 Oktober 2018

Mengetahui,                                                                                                 
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Mata Pelajaran



Asngari, S.Pd.I.                                                                                              Rahmat Yunanto, S.Pd.


Kisi-kisi Penilaian Pengetahuan
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Ranah Kognitif
Indikator  Soal
Bentuk Soal
No. Soal
1
3.1. Memahami prinsip kerja mekanisme katup

Jenis jenis mekanisme katup

C1
Pesertadidik dapat mengidentifikasi jenis-jenis mekanisme katup
Tes Tertulis
1-5


Tes tertulis
1.         Sebutkan fungsi mekanisme katup!
2.         Sebutkan jenis-jenis mekanisme katup
3.         Sebutkan keuntungan dan kerugian jenis-jenis mekanisme katup!
4.         Sebutkan macam-macam penggerak katup!
5.         Sebutkan contoh penggunaan masing-masing jenis mekanisme katup pada sepeda motor!

Jawaban
1.         Fungsi mekanisme katup: Berfungsi untuk membuka dan menutup katup hisap dan katup buang yang sesuai dengan firing order suatu silinder.
2.         Jenis mekanisme katup:
OHV (Over Head Camshaft)
OHC (Over Head Camshaft)
DOHC (Double Over Head Camshaft)
3.         Keuntungan dan kerugian OHV:
a.          Konstruksinya sederhana.
b.          Lebih awet.
Kerugian:
a.          Tidak bagus digunakan pada RPM tinggi.
b.          RPM max hanya mencapai 9000 RPM.
Keuntungan dan kerugian OHC:
Keuntungan:
a.          Proses pembukaan dan penutupan lebih cepat.
b.          Bagus digunakan pada mesin RPM tinggi.
Kerugian:
a.          Konstruksi lebih rumit.
Keuntungan dan kerugian DOHC:
Keuntungan:
a.          Suplai bahan bakar lebih banyak.
b.          Katup dapat dipasang lebih banyak.
Kerugian:
a.          Konstruksi lebih rumit.
4.         Macam-macam penggerak katup
Metode timing gear.
Metode timing chain.
Metode timing belt.
5.      OHV         : Honda CG
SOHC       : Supra fit, Kharisma, Revo, Smash, Shogun, Kaze, Blitz, Vega, Jupiter,
DOHC      : Suzuki Satria FU, Honda CB 150 R


Pedoman Penskoran
NO.
Kriteria Jawaban
Skor
1
Fungsi dari mekanisme katup adalah mengatur pemasukan gas baru ke dalam silinder dan mengatur pengeluaran gas bekas pembakaran keluar dari silinder
10
Fungsi dari mekanisme katup adalah mengatur pemasukan gas baru ke dalam silinder
5
Fungsi dari mekanisme katup adalah mengatur pengeluaran gas bekas pembakaran keluar dari silinder
5
2
Jenis mekanisme katup:
OHV (Over Head Camshaft)
OHC (Over Head Camshaft)
DOHC (Double Over Head Camshaft)
10
3
Keuntungan dan kerugian OHV:
a.          Konstruksinya sederhana.
b.          Lebih awet.
Kerugian:
a.          Tidak bagus digunakan pada RPM tinggi.
b.          RPM max hanya mencapai 9000 RPM.
Keuntungan dan kerugian OHC:
Keuntungan:
a.          Proses pembukaan dan penutupan lebih cepat.
b.          Bagus digunakan pada mesin RPM tinggi.
Kerugian:
a.          Konstruksi lebih rumit.
Keuntungan dan kerugian DOHC:
Keuntungan:
a.          Suplai bahan bakar lebih banyak.
b.          Katup dapat dipasang lebih banyak.
Kerugian:
a.          Konstruksi lebih rumit.
60
4
Macam-macam penggerak katup
Metode timing gear.
Metode timing chain.
Metode timing belt.
10
5
OHV         : Honda CG
SOHC       : Supra fit, Kharisma, Revo, Smash, Shogun, Kaze, Blitz, Vega,
DOHC      : Suzuki Satria FU, Honda CB 150 R
10

Catatan           : Untuk soal no. 2.  mampu menyebutkan 2 jenis mekanisme katup, skor 5 total skor maksimal 10
                          Untuk soal no. 3 mampu menyebutkan 1 keuntungan atau 1 kerugian dari masing- masing jenis mekanisme katup skor 10 total skor maksimal 60
Untuk soal no. 4.  mampu menyebutkan 2 jenis penggerak mekanisme katup, skor 5 total skor maksimal 10
Untuk soal no. 5.  mampu menyebutkan penggunaan 2 jenis mekanisme katup pada sepeda motor, skor 5 total skor maksimal 10


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

                        Mata Pelajaran                                    : Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
                        Kelas / Semester                                  : XI / 1
                        Tahun Pelajaran                                   : 2018 / 2019
                        Waktu Pengamatan                             : Selama pembelajaran

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran jenis-jenis mekanisme katup
1.     Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran.
2.     Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten.
3.     Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok
1.        Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.        Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.        Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
1.        Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.        Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.        Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










3










Keterangan:
KB      : Kurang baik
B         : Baik
SB       : Sangat baik


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETRAMPILAN

                        Mata Pelajaran                                    : Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
                        Kelas / Semester                                  : XI / 1
                        Tahun Pelajaran                                   : 2018 / 2019
                        Waktu Pengamatan                             : Selama pembelajaran

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan menyebutkan contoh penggunaan masing-masing jenis mekanisme katup

1.        Kurang terampil  jika mampu mengidentifikasi jenis-jenis mekanisme katup kurang dari tiga.
2.        Terampil jika mampu mengidentifikasi 3 jenis mekanisme katup.
3.        Sangat terampill, jika mampu mengidentifikasi jenis-jenis mekanisme katup lebih dari tiga

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No.
Nama Siswa
Ketrampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1




2




3





Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil






Tidak ada komentar:

Posting Komentar