Sistem Instrumentasi
a) Speedometer (pengukur kecepatan kendaraan)
b) Tachometer (pengukur putaran mesin)
c) Ampermeter (pengukur arus listrik)
d) Voltmeter (pengukur tegangan listrik)
e) Clock (jam)
f) Fuel and temperature gauges (pengukur suhu dan
bahan bakar)
g) Oil Pressure Gauge (pengkur tekanan oli)
h) Malfungtion Indicator Engine (Indikator tanda kerusakan
mesin)
i) Indicator Speed
h) indicator ECO
j) Indicator ISS
k) Indicaotor ABS, dan sebagainya.
Kebanyakan model sepeda motor generasi sekarang,
lampu-lampu tanda peringatan disusun dan dipasangkan pada suatu tampilan
(display) lengkap yang akan menampilkan status/keadaan dan kondisi umum dari
mesin. Pada beberapa model, instrumentasi di dihubungkan dengan central control
unit (unit pengontrol) yang akan memonitor seluruh aspek dari mesin dan fungsi
sistem kelistrikan saat mesin dijalankan. Informasinya diperoleh dari berbagai
swicth (saklar) dan sensor. Jika dalam sistem muncul kesalahan (terdapat
masalah) akan ditampilkan dalam bentuk warning light (lampu tanda peringatan)
atau dalam panel LCD (liquid crystal display) bagi beberapa model sepeda motor.
Sistem instrumentasi merupakan sistem yang saling
berhubungan dengan sistem lainnya. Sebagai contoh pengukur suhu mesin, ini
merupakan bagian dari sistem pendingin, Oil Pressure Gauge merupakan bagian
dari sistem pelumasan, lampu indicator jarak jauh, merupakan bagian dari sistem
penerangan, lampu indicator tanda belok, merupakan bagian dari sistem tanda dan
masih banyak lagi contoh lainnya. Lalu apa yang membedakan dengan sistem tanda?
Yang membedakan dengan sistem tanda adalah Sistem instrument merupakan
sekumpulan informasi yang ditampilkan dalam sebuah panel atau display, yang memberikan
peringatan atau tanda kondisi kendaraan pada pengendara tersebut. Berbeda
dengan sistem tanda yang berfungsi memberikan peringatan atau tanda lebih
ditujukan baik kepengendara itu sendiri maupun ke pengendara lain atau sesama pengguna
jalan.
Pada kesempatan ini hanya akan membahas pada
speedometer, lampu indicator gigi, fuel meter, pembahasan instrument yang lain
akan dibahas dilain kesempatan
Speedometer
Lampu indikator transmisi
Pada tampilan pada panel instrument sepeda motor
juga dilengkapi dengan lampu indikator gigi persneling atau transmisi dari gigi nol (netral)
sampai gigi tertinggi. Namun yang perlu dicermati adalah neutral switch (saklar
netral) yaitu saklar yang menunjukkan gigi transmisi posisi sedang netral hal
ini penting dimunculkan karena terkait dengan keamanan pengendara ketika akan
memulai (starter) menghidupkan mesin kendaraan. Sehingga kendaran tidak
meloncat saat mesin akan dihidupkan (baik menggunakan motor listrik maupun
menggunakan engkol kaki (kick starter)
Umumnya posisi neutral switch berada di rumah transmisi dan dihubungkan dengan (poros mekanisme pemindah gigi yang disebut sift drum. Pada saat gigi transmisi netral, kontak pada saklar akan terhubung dengan massa, sehingga mengakibatkan lampu netral menyala. Pada sepeda motor yang dilengkapi sistem pengaman, neutral switch juga digunakan untuk mencegah sistem starter tidak bisa dihidupkan jika posisi transmisi sedang masuk gigi
Meter Bahan Bakar (Fuel Level Meter)
Salah satu kelengkapan sistem instrumentasi pada
sepeda motor adalah pengukur kapasitas bahan bakar dalam tangki, dimana sistem
ini terdiri dari beberapa komponen antara lain :
Variable resitor, yaitu tahanan yang mempunyai nilai
berubah-ubah yang berfungsi sebagai perubah arus listrik, yang mengalir pada
unit fuel meter. (diletakkan pada kemudi).
Pelampung, yaitu komponen yang berfungsi merubah
nilai tahanan berdasarkan ketinggian permukaan bahan bakar pada tangki bahan
bakar. (diletakkan di dalam tangki bahan bakar).
Prinsip Kerja Pada Saat Bensin Penuh
Pada saat bensin penuh tangkai pelambung akan berada pada posisi nilai tahanan listrik yang kecil pada variabel resitor, sehingga arus listrik yang mengalir pada kumparan 1 lebih besar daripada kumparan 2, yang akan menghasilkan garis gaya medan magnet (flux magnetik), yang akan menghasilkan kutub magnit yang sejenis dengan kutub magnit pada lempengan magnit jarum penunjuk, sehingga magnit tersebut akan saling tolak menolak sehingga jarum berputar kearah “FULL”/penuh, sesuai dengan perputaran dari lempengan magnit.
Prinsip Kerja Pada Saat Bensin Kosong :
Tangkai pelampung berada pada nilai tahanan listrik yang besar, sehingga arus listrik pada kumparan 1 berkurang, yang menjadikan kumparan 2 arus listriknya bertambah, dan akan menghasilkan garis gaya medan magnit yang sejenis dengan kutub magnit jarum, sehingga magnit akan saling tolak menolak, dan lempengan magnit akan berputar ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam) sampai jarum tepat berada pada posisi “Empty” (kosong)
Bila kunci kontak dimatikan, maka tidak terjadi Flux magnetik pada kedua kumparan, sehingga magnit kembali bergerak berputar pada posisi semula, hal ini disebabkan oleh adanya kemagnitan pada lempengan yang memungkinkan lempengan selalu berada pada posisi tertentu, (kutub magnit selalu menunjuk ke arah utara/seperti halnya kompas).
Setelah memahami materi diatas, silahkan kerjakan tes pemahaman melalui link dibawah
NAMA:DANANG SANTOSO
BalasHapusKELAS:XI TBSM 2
agar kita bisa memahami tentang instrumentasi pada sepeda motor
Nama :herdianto kels XI TBSM2
BalasHapusMemahami tentang instrumentasi sepeda motor
Nama ikhwannudien
BalasHapusKelas xi tbsm 2
Dapat mengatahui prinsip kerja saat bensin kosong
Nama:M.nizar fatoni
BalasHapusKelas: XITBSM1
MEMAHAMI TENTANG INSTRUMEN SEPEDA MOTOR
Nama : Naufal Farhan Maulana
BalasHapuskelas : XI TBSM 1
dapat memahami sistem instrumen sepeda motor
Nama:Rayhan riyandi putra
BalasHapusKelas:XI TBSM 1
agar kita bisa memahami sistem instrumen sepeda motor.
Nama arya risyadi
BalasHapusKls 11 tbsm 1
Memahami instrumen sepeda montor
Nama:hasan mustofa
BalasHapusKls:XI TBSM 1
Agar kita dapat memahami instrumen sepeda montor
Nama:ruly aditya
BalasHapusKls:XI TBSM 1
memahami istrumen sepeda motor
Nama: zeky maulana f
BalasHapusKls : XI TBSM 1
Memahami instrument sepeda motor
Nama : zeky maulana f
BalasHapusKls: X TBSM 1
Memahami instrument sepeda motor
Nama :Muh Jefri Hadi Saputra
BalasHapusKelas:XI TBSM1
Memahami instrumen sepeda motor
Nama: Endang lestari
BalasHapusKelas: XI TAHFIDZ TBSM
JIKA LAMPU SENT ATAU LAMPU BELOK TIDAK BERKEDIP APA YANG MENJADI PENYEBABNYA
Nama: Rachmad Trianto Wibowo
BalasHapusKelas:XI TAHFIDZ
Memahami instrumen sepeda motor
Nama Muhammad Nasichin
BalasHapusKelas XI Tahfidz
Memahami instrumen sepeda motor
Nama fauzan Bagaskara
BalasHapusKelas XI Tahfidz
Memahami instrumen sepeda motor
Rohmad Nur Faizin
BalasHapusXI Tahfidz
Memahami intrumen sepeda motor
Ganar Arya Saputra
BalasHapusKelas XI TBSM
JIKA LAMPU SEPEDOMETER TIDAK MENYALA APA YANG MENJADI PENYEBABNYA
Nama :Agatama Tri Adi Nugroho
BalasHapusKelas:XI TBSM
MENGETAHUI ISI DARI INSTRUMEN SEPEDA MOTOR
Nama:Hafidz Arya Prabowo
BalasHapusKelas:XI TBSM
memahami intrumen sepeda motor
Nama: Muhammad Harits Atthariq
BalasHapusKelas:XI TBSM
Memahami instrumen sepeda motor
Nama : Calvin agung Pratama
BalasHapusKelas: xi tbsm
MEMAHAMI instrumen sepeda motor
NAma:samudra
BalasHapusKelas:XI TBSM
MEMAHAMI instrumen pada sepeda motor
Dani wahyudi
BalasHapusKelas XI TBSM
memahami instrumen pada sepeda motor
Macam Macam BAHAN BAKAR PABRIK
BalasHapusPerlawanan rakyat Indonesia terhadap kolonialisme dan imperialisme
bintan news
MODEL/STRATEGI PEMBELAJARAN KOGNITIF
Okelah