Jumat, 25 September 2020

Sistem Instrumentasi Pada Sepeda Motor

 Sistem Instrumentasi

 

Yang dimaksud dengan instrumentasi adalah perlengkapan sepeda motor berupa alat ukur yang memberikan informasi kepada pengendara tentang keadaan sepeda motor tersebut. Sistem instrumentasi pada sepeda motor tidak sama jumlahnya, mulai dari sepeda motor dengan instrumentasi sederhana sampai sepeda motor yang dilengkapi dengan instrumen yang banyak. Sistem instrumentasi yang lengkap antara lain terdiri dari:

a) Speedometer (pengukur kecepatan kendaraan)

b) Tachometer (pengukur putaran mesin)

c) Ampermeter (pengukur arus listrik)

d) Voltmeter (pengukur tegangan listrik)

e) Clock (jam)

f) Fuel and temperature gauges (pengukur suhu dan bahan bakar)

g) Oil Pressure Gauge (pengkur tekanan oli)

h) Malfungtion Indicator Engine (Indikator tanda kerusakan mesin)

i) Indicator Speed

h) indicator ECO

j) Indicator ISS

k) Indicaotor ABS, dan sebagainya.

Kebanyakan model sepeda motor generasi sekarang, lampu-lampu tanda peringatan disusun dan dipasangkan pada suatu tampilan (display) lengkap yang akan menampilkan status/keadaan dan kondisi umum dari mesin. Pada beberapa model, instrumentasi di dihubungkan dengan central control unit (unit pengontrol) yang akan memonitor seluruh aspek dari mesin dan fungsi sistem kelistrikan saat mesin dijalankan. Informasinya diperoleh dari berbagai swicth (saklar) dan sensor. Jika dalam sistem muncul kesalahan (terdapat masalah) akan ditampilkan dalam bentuk warning light (lampu tanda peringatan) atau dalam panel LCD (liquid crystal display) bagi beberapa model sepeda motor.

Sistem instrumentasi merupakan sistem yang saling berhubungan dengan sistem lainnya. Sebagai contoh pengukur suhu mesin, ini merupakan bagian dari sistem pendingin, Oil Pressure Gauge merupakan bagian dari sistem pelumasan, lampu indicator jarak jauh, merupakan bagian dari sistem penerangan, lampu indicator tanda belok, merupakan bagian dari sistem tanda dan masih banyak lagi contoh lainnya. Lalu apa yang membedakan dengan sistem tanda? Yang membedakan dengan sistem tanda adalah Sistem instrument merupakan sekumpulan informasi yang ditampilkan dalam sebuah panel atau display, yang memberikan peringatan atau tanda kondisi kendaraan pada pengendara tersebut. Berbeda dengan sistem tanda yang berfungsi memberikan peringatan atau tanda lebih ditujukan baik kepengendara itu sendiri maupun ke pengendara lain atau sesama pengguna jalan.

Pada kesempatan ini hanya akan membahas pada speedometer, lampu indicator gigi, fuel meter, pembahasan instrument yang lain akan dibahas dilain kesempatan

Speedometer

 Speedometer adalah alat untuk memberikan informasi kepada pengendara tentang kecepatan kendaraan (sepeda motor). Speedometer pada sepeda motor ada yang digerakkan secara mekanik, yaitu kawat baja (kabel speedometer) dan secara elektronik. Speedometer yang digerakkan oleh kabel biasanya dihubungkan ke gigi penggerak pada roda depan, tetapi ada juga yang dihubungkan ke output shaft (poros output) transmisi/persneling untuk mendapatkan putarannya.


 Lampu indikator transmisi

 

Pada tampilan pada panel instrument sepeda motor juga dilengkapi dengan lampu indikator gigi persneling atau transmisi dari gigi nol (netral) sampai gigi tertinggi. Namun yang perlu dicermati adalah neutral switch (saklar netral) yaitu saklar yang menunjukkan gigi transmisi posisi sedang netral hal ini penting dimunculkan karena terkait dengan keamanan pengendara ketika akan memulai (starter) menghidupkan mesin kendaraan. Sehingga kendaran tidak meloncat saat mesin akan dihidupkan (baik menggunakan motor listrik maupun menggunakan engkol kaki (kick starter)

Umumnya posisi neutral switch berada di rumah transmisi dan dihubungkan dengan (poros mekanisme pemindah gigi yang disebut sift drum. Pada saat gigi transmisi netral, kontak pada saklar akan terhubung dengan massa, sehingga mengakibatkan lampu netral menyala. Pada sepeda motor yang dilengkapi sistem pengaman, neutral switch juga digunakan untuk mencegah sistem starter tidak bisa dihidupkan jika posisi transmisi sedang masuk gigi


 Meter Bahan Bakar (Fuel Level Meter)

Salah satu kelengkapan sistem instrumentasi pada sepeda motor adalah pengukur kapasitas bahan bakar dalam tangki, dimana sistem ini terdiri dari beberapa komponen antara lain :

Variable resitor, yaitu tahanan yang mempunyai nilai berubah-ubah yang berfungsi sebagai perubah arus listrik, yang mengalir pada unit fuel meter. (diletakkan pada kemudi).

Pelampung, yaitu komponen yang berfungsi merubah nilai tahanan berdasarkan ketinggian permukaan bahan bakar pada tangki bahan bakar. (diletakkan di dalam tangki bahan bakar).

Prinsip Kerja Pada Saat Bensin Penuh

Pada saat bensin penuh tangkai pelambung akan berada pada posisi nilai tahanan listrik yang kecil pada variabel resitor, sehingga arus listrik yang mengalir pada kumparan 1 lebih besar daripada kumparan 2, yang akan menghasilkan garis gaya medan magnet (flux magnetik), yang akan menghasilkan kutub magnit yang sejenis dengan kutub magnit pada lempengan magnit jarum penunjuk, sehingga magnit tersebut akan saling tolak menolak sehingga jarum berputar kearah “FULL”/penuh, sesuai dengan perputaran dari lempengan magnit.

 Prinsip Kerja Pada Saat Bensin Kosong :

Tangkai pelampung berada pada nilai tahanan listrik yang besar, sehingga arus listrik pada kumparan 1 berkurang, yang menjadikan kumparan 2 arus listriknya bertambah, dan akan menghasilkan garis gaya medan magnit yang sejenis dengan kutub magnit jarum, sehingga magnit akan saling tolak menolak, dan lempengan magnit akan berputar ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam) sampai jarum tepat berada pada posisi “Empty” (kosong)

Bila kunci kontak dimatikan, maka tidak terjadi Flux magnetik pada kedua kumparan, sehingga magnit kembali bergerak berputar pada posisi semula, hal ini disebabkan oleh adanya kemagnitan pada lempengan yang memungkinkan lempengan selalu berada pada posisi tertentu, (kutub magnit selalu menunjuk ke arah utara/seperti halnya kompas).

Setelah memahami materi diatas, silahkan kerjakan tes pemahaman melalui link dibawah

Tes Pemahaman Sistem Instrumentasi pada Sepeda Motor

25 komentar:

  1. NAMA:DANANG SANTOSO
    KELAS:XI TBSM 2
    agar kita bisa memahami tentang instrumentasi pada sepeda motor

    BalasHapus
  2. Nama :herdianto kels XI TBSM2

    Memahami tentang instrumentasi sepeda motor

    BalasHapus
  3. Nama ikhwannudien
    Kelas xi tbsm 2
    Dapat mengatahui prinsip kerja saat bensin kosong

    BalasHapus
  4. Nama:M.nizar fatoni
    Kelas: XITBSM1

    MEMAHAMI TENTANG INSTRUMEN SEPEDA MOTOR

    BalasHapus
  5. Nama : Naufal Farhan Maulana
    kelas : XI TBSM 1
    dapat memahami sistem instrumen sepeda motor

    BalasHapus
  6. Nama:Rayhan riyandi putra
    Kelas:XI TBSM 1
    agar kita bisa memahami sistem instrumen sepeda motor.

    BalasHapus
  7. Nama arya risyadi
    Kls 11 tbsm 1
    Memahami instrumen sepeda montor

    BalasHapus
  8. Nama:hasan mustofa
    Kls:XI TBSM 1
    Agar kita dapat memahami instrumen sepeda montor

    BalasHapus
  9. Nama:ruly aditya
    Kls:XI TBSM 1
    memahami istrumen sepeda motor

    BalasHapus
  10. Nama: zeky maulana f
    Kls : XI TBSM 1

    Memahami instrument sepeda motor

    BalasHapus
  11. Nama : zeky maulana f
    Kls: X TBSM 1

    Memahami instrument sepeda motor

    BalasHapus
  12. Nama :Muh Jefri Hadi Saputra
    Kelas:XI TBSM1

    Memahami instrumen sepeda motor

    BalasHapus
  13. Nama: Endang lestari
    Kelas: XI TAHFIDZ TBSM

    JIKA LAMPU SENT ATAU LAMPU BELOK TIDAK BERKEDIP APA YANG MENJADI PENYEBABNYA

    BalasHapus
  14. Nama: Rachmad Trianto Wibowo
    Kelas:XI TAHFIDZ
    Memahami instrumen sepeda motor

    BalasHapus
  15. Nama Muhammad Nasichin
    Kelas XI Tahfidz
    Memahami instrumen sepeda motor

    BalasHapus
  16. Nama fauzan Bagaskara
    Kelas XI Tahfidz
    Memahami instrumen sepeda motor

    BalasHapus
  17. Rohmad Nur Faizin
    XI Tahfidz
    Memahami intrumen sepeda motor

    BalasHapus
  18. Ganar Arya Saputra
    Kelas XI TBSM

    JIKA LAMPU SEPEDOMETER TIDAK MENYALA APA YANG MENJADI PENYEBABNYA

    BalasHapus
  19. Nama :Agatama Tri Adi Nugroho
    Kelas:XI TBSM

    MENGETAHUI ISI DARI INSTRUMEN SEPEDA MOTOR

    BalasHapus
  20. Nama:Hafidz Arya Prabowo
    Kelas:XI TBSM

    memahami intrumen sepeda motor

    BalasHapus
  21. Nama: Muhammad Harits Atthariq
    Kelas:XI TBSM
    Memahami instrumen sepeda motor

    BalasHapus
  22. Nama : Calvin agung Pratama
    Kelas: xi tbsm
    MEMAHAMI instrumen sepeda motor

    BalasHapus
  23. NAma:samudra
    Kelas:XI TBSM
    MEMAHAMI instrumen pada sepeda motor

    BalasHapus
  24. Dani wahyudi
    Kelas XI TBSM
    memahami instrumen pada sepeda motor

    BalasHapus
  25. Macam Macam BAHAN BAKAR PABRIK

    Perlawanan rakyat Indonesia terhadap kolonialisme dan imperialisme

    bintan news

    MODEL/STRATEGI PEMBELAJARAN KOGNITIF

    Okelah

    BalasHapus