Mesin adalah suatu alat
yang menghasilkan suatu gerak/kerja. Dari uraian diatas, dapat disimpulkan
Mesin Konversi Energi adalah suatu alat yang mengubah suatu energi menjadi
energi yang lain sehingga menghasilkan suatu kerja/usaha yang dimanfaatkan
untuk kepentingan manusia.
2. Macam – Macam Mesin
Konversi Energi adalah sebagai berikut :
A. Motor bakar
Motor bakar, merupakan
suatu pesawat kerja yang mengubah energi kimia dari campuran bahan bakar
menjadi energi mekanik naik turunnya poros engkol.
Jika ditinjau dari cara
memperoleh energi termal ini (proses pembakaran bahan bakar), maka motor bakar
dapat dibagi menjadi 2 golongan yaitu: motor pembakaranluar dan motor
pembakaran dalam.
1. Motor pembakaran
luar
Pada motor pembakaran
luar ini, proses pembakaran bahan bakar terjadi di luar mesin itu, sehingga
untuk melaksanakan pembakaran digunakan mesin tersendiri. Panas dari hasil
pembakaran bahan bakar tidak langsung diubah menjadi tenaga gerak, tetapi
terlebih dulu melalui media penghantar, baru kemudian diubah menjadi tenaga
mekanik. Misalnya pada ketel uap dan turbin uap.
2. Motor pembakaran
dalam
Pada motor pembakaran
dalam, proses pembakaran bahan bakar terjadi didalam mesin itu sendiri,
sehingga panas dari hasil pembakaran langsung bisa diubah menjadi tenaga
mekanik. Misalnya : pada turbin gas, motor bakar torak dan mesin propulasi
pancar gas.
Contoh alat
transportasi yang menggunakan prinsip kerja motor pembakaran dalam: Turbin pada
pesawat terbang, sepeda motor, mobil, truck,
Berdasarkan Prinsip
kerjanya motor bakar dibagi atas 3 macam, yaitu :
1. Motor Bakar Bensin
Mesin bensin atau mesin
Otto dari Nikolaus Otto adalah sebuah tipe mesin pembakaran dalam yang
menggunakan nyala busi untuk proses pembakaran, dirancang untuk menggunakan
bahan bakar bensin atau yang sejenis. Pada motor bensin, bensin dibakar untuk
memperoleh energi termal. Energi ini selanjutnya digunakan untuk melakukan
gerakan mekanik.
Prinsip kerja motor
bensin, secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut : campuran udara dan
bensin dari karburator diisap masuk ke dalam silinder, dimampatkan oleh gerak
naik torak, dibakar oleh percikan bunga api dari busi untuk memperoleh tenaga
panas, yang mana dengan terbakarnya gas-gas akan mempertinggi suhu dan tekanan
didalam ruang siliinder, sehingga torak bergerak turun naik di dalam silinder
akibat tekanan tinggi pembakaran, Gerak naik turun piston kemudian diubah
batang torak menjadi gerak putar poros engkol. Melalui mekanisme katup yang
terhubung ke poros engkol pengaturan pembukaan katup masuk bahan bakar dan
katup pembuangan sisa-sisa pembakaran dilakukan secara periodik
Contoh kendaraan yang
menggunakan Prinsip kerja motor bensin :
2. Motor Bakar Diesel
Motor bakar diesel
biasa disebut juga dengan Mesin diesel (atau mesin pemicu kompresi) adalah
motor bakar pembakaran dalam yang menggunakan panas kompresi untuk menciptakan
penyalaan dan membakar bahan bakar yang telah diinjeksikan ke dalam ruang
bakar. Mesin ini tidak menggunakan busi seperti mesin bensin atau mesin gas.
Mesin ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang menerima paten
pada 23 Februari 1893.
Motor diesel disebut
dengan motor penyalaan kompresi (compression ignition engine) karena penyalaan
bahan bakarnya diakibatkan oleh suhu kompresi udara dalam ruang bakar. Dan
menggunakan bahan bakar solar dalam pembakarannya.
Prinsip kerja motor
bakar diesel
Cara pembakaran dan
pengatomisasian (atomizing) bahan bakar pada motor diesel tidak sama dengan
motor bensin. Pada motor diesel yang diisap oleh torak dan dimasukkan ke dalam
ruang bakar hanya udara, yang selanjutnya udara tersebut dikompresikan sampai
mencapai suhu dan tekanan yang tinggi. Beberapa saat sebelum torak mencapai
titik mati atas (TMA) bahan bakar solar diinjeksikan ke dalam ruang bakar.
Dengan suhu dan tekanan udara dalam silinder yang cukup tinggi maka
partikel-partikel bahan bakar akan menyala dengan sendirinya sehingga membentuk
proses pembakaran. Agar bahan bakar solar dapat terbakar sendiri, maka
diperlukan rasio kompresi 15-22 dan suhu udara kompresi kira-kira 600ºC.
3. Motor Bakar Wankel
Dikenal juga dengan
nama mesin rotari ( rotaryengine), yaitu tipe mesin yang trdiri atas rotor
berbentuk segitiga sama sisi yang berputar dalam stator. Dibandingkan motor
torak, getaran motor wankel lebih halus, karena tidak banyak bagian yang
bergerak. Selain itu lebih ringan dan lebih kecil ukurannya.
Untuk ukuran yang sama
besar, mesin wankel dapat menghasilkan tenaga gerak dua kali lebih besar
daripada mesin torak konvensional. Secara umum, bagian utama dari mesin ini
adalah rotor segitiga sama sisi dengan bentuk ruang pembakaran berbentuk
epitrokoida.
Rotor bergerak
sedemikian rupa sehingga ujungnya senantiasa menyentuh dinding ruang pembakaran
yang terbagi atas 3 bidang. Dalam tiga bidang tersebut terjadi tiga proses
utama operasi sebuah mesin, yaitu, pemampatan bahan bakar, pembakaran bahan
bakar, dan pembuangan bahan bakar.
B. TURBIN GAS
Gas-turbine engine
adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin
dengan pembakaran internal. Didalam turbin gas energi kinetik dikonversikan
menjadi energi mekanik melalui udara bertekanan yang memutar roda turbin
sehingga menghasilkan daya. Sistem turbin gas yang paling sederhana terdiri
dari tiga komponen yaitu kompresor, ruang bakar dan turbin gas.
Prinsip Kerja Sistem
Turbin Gas (Gas-Turbine Engine)
Udara masuk kedalam
kompresor melalui saluran masuk udara (inlet). Kompresor berfungsi untuk
menghisap dan menaikkan tekanan udara tersebut, sehingga temperatur udara juga
meningkat. Kemudian udara bertekanan ini masuk kedalam ruang bakar. Di dalam
ruang bakar dilakukan proses pembakaran dengan cara mencampurkan udara
bertekanan dan bahan bakar.
Proses pembakaran
tersebut berlangsung dalam keadaan tekanan konstan sehingga dapat dikatakan
ruang bakar hanya untuk menaikkan temperatur. Gas hasil pembakaran tersebut
dialirkan ke turbin gas melalui suatu nozel yang berfungsi untuk mengarahkan
aliran tersebut ke sudu-sudu turbin. Daya yang dihasilkan oleh turbin gas
tersebut digunakan untuk memutar kompresornya sendiri dan memutar beban lainnya
seperti generator listrik, dll. Setelah melewati turbin ini gas tersebut akan
dibuang keluar melalui saluran buang (exhaust).
C. MOTOR LISTRIK
Motor Listrik merupakan
sebuah perangkat elektromagnetik yang mengubah energi listrik menjadi energi
mekanik. Energi mekanik ini digunakan untuk, misalnya memutar impeller pompa,
fan atau blower, menggerakan kompresor, mengangkat bahan, dll di industri dan
digunakan juga pada peralatan listrik rumah tangga (seperti: mixer, mobil
listrik, speda motor listrik, pompa air dsb)
Prinsip Kerja Sistem
Motor Listrik
Bagian yang menuju
kutub utara kawat konduktor dan yang menuju kutub selatan menerima gaya dari
arah vertikal berlawanan sehingga kawat konduktor berputar. Ini disebut prinsip
putaran motor.
Konstruksi Motor Listrik
Contoh alat
transportasi yang menggunakan prinsip kerja Motor Listrik
D. KOMPRESOR
Kompresor adalah alat
pemampat atau pengkompresi udara dengan kata lain kompresor adalah penghasil
udara mampat. Karena proses pemampatan, udara mempunyai tekanan yang lebih
tinggi dibandingkan dengan tekanan udara lingkungan
Komponen – komponen
Kompressor
Konstruksi kompressor
jenis torak/piston antara lain meliputi :
1. Silinder Dan Kepala
Silinder
Merupakan bejana kedap
udara dimana torak bergerak bolak-balik untuk menghisap dan memampatkan udara.
Pada umumnya terbuat dari besi cor dengan tekanan kurang dari 50 kgf/cm2 (4,9
MPa).
2. Torak Dan Cincin
Torak
Berfungsi untuk
melakukan kompresi terhadap udara/gas, sehingga torak harus kuat menahan
tekanan dan panas.
3. Katup Katup
Katup – katup pada
kompressor berfungsi untuk membuka dan menutup secara otoamtis tanpa mekanisme
penggerak katup. Dimana pembukaan katup tergantung dari perbedaan tekanan yang
terjadi antara bagian dalam dan bagian luar silinder.
4. Poros Engkol Dan
Batang Torak,
Poros engkol berfungsi
untuk mengubah gerakan putar menjadi gerak bolak-balik.
5. Kotak Engkol
Berfungsi sebagai
dudukan bantalan engkol yang bekerja menahan beban inersia dari masa yang
bergerak bolak balik serta gaya pada torak.
6. Pengatur Kapasitas
Mengatur batas volume
dan tekanan yang dihasilkan kompressor dengan menggunakan alat yang biasa
disebut pembebas beban (unloader).
7. Transmisi Daya,
Sebagai penggerak kompressor pada umumnya memakai motor listrik atau motor
bakar torak.
1. Motor Listrik
Pada umumnya
diklasifikasi menjadi dua yaitu motor induksi dan motor sikron.
2. Motor Bakar
Motor bakar biasa
digunakan sebagai penggerak kompressor bila tidak tersedia sumber listrik
ditempat pemasangan kompressor, atau sebagai kompressor portable. Motor bensin
bisanya digunakan dengan daya s.d. 5,5 kW sedangkan untuk daya yang lebih besar
digunakan motor bakar diesel.
Prinsip Kerja Sistem
Kompresor
1. Langkah Hisap :
Udara masuk kompresor karena tekanan di dalam silinder lebih rendah dari 1 atm
2. Langkah Kompresi :
udara di dalam kompresor dikompresi, tekanan dan temperatur udara naik
3. Langkah Pengeluaran
: Karena tekanan udara mampat katup keluar terbuka dan udara mampat ke luar
silinder
Penggunaan Udara
Kompressor
• Rem pada bis dan
kereta api
• Pintu pneumatik pada
bis dan kereta api
E . REFRIGASI
(PENGKONDISI UDARA)
Mesin refrigerasi
secara umum digunakan untuk pengkondisian udara suatu ruangan,rumah atau
industri, sehingga setiap orang yang berada pada ruangan tersebut akan merasa
nyaman. Alat ini biasa disebut dengan Air Conditioning.
Komponen sistem
Refrigasi Mobil
1. Kompressor
Fungsi compressor pada
sistem pendinginan uap (vapor compression system) ada dua macam:
1) untuk mengalirkan
uap refrigeran yang mengandung sejumlah panas dari evaporator.
2) Untuk menaikan
temperatur uap refrigeran sampai mencapai titik saturasinya (jenuh), titik
tersebut lebih tinggi daripada temperatur medium pendinginnya.
Compressor mengambil
uap panas pada temperatur rendah di dalam evaporator dan memompakannya ke
tingkat temperatur yang lebih tinggi di dalam kondensor, oleh karena itu biasa
juga compressor itu disebut heat pump Compressor tersebut dibuat oleh beberapa
pabrikan seperti Tecumseh, Nippondenso, York, Delco Air, Sankyo dan lain-lain,
dengan bermacam-macam model sesuai dengan kebutuhannya. Pabrikan compressor
yang terkenal di Indonesia adalah Nippondenso. Compressor yang digunakan di AC
mobil umumnya menggunakan silender (piston) yang terdiri atas satu sampai enam
silender.
2. Kondensor adalah
komponen penukar panas yang berfungsi untuk mengkondensasikan gas refrigeran
dari compressor.
3. Evaporator adalah
penukar kalor yang di dalamnya mengalir cairan refrigeran yang berfungsi sebagai
penyerap panas dari produk yang didinginkannya sambil berubah phasa.
4. Refrigeran adalah
bahan pendingin berupa fluida yang digunakan untuk menyerap panas melalui
perubahan phasa cair ke gas (menguap) dan membuang panas melalui perubahan
phasa gas ke cair (mengembun).
5. Komponen Kelistrikan
Rangkaian kelistrikan
pada sistem AC mobil adalah sangat sederhana seperti terlihat pada gambar 22.
Umumnya terdiri atas beberapa komponen seperti : thermostat, fuse, motor
blower, kopling magnet (magnetik clutch) dan pusat pengatur kecepatan blower
(master control).
6. Fuse
Fuse digunakan untuk
menjaga komponen AC dan komponen kelistrikan lainnya dari arus yang berlebih.
Ukuran fuse yang digunakan biasanya berada pada kisaran 20 A– 30 A, bergantung
pada sistem kelistrikan yang direncanakan.
7. Komponen Kontrol
(Matering device)
Komponen kontrol
refrigeran merupakan suatu tahanan yang tempatnya berada diantara sisi tekanan
tinggi dan sisi tekanan rendah.
8. Magnetik Clutch
Magnetik clutch
berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan kompressor dari daya gerak mesin.
9. Master Control
Pada umumnya master
control termasuk ke dalam perlengkapan pengatur kecepatan blower.
10. Blower Motor
Blower digunakan untuk
menarik udara segar (fresh) atau udara sirkulasi ke dalam ruang penumpang yang
sebelumnya dilewatkan melalui evaporator atau heater.
F. Sel bahan bakar
(fuel cell)
Adalah Fuel cell pada
dasarnya mirip dengan baterai yaitu sumber daya yang menggunakan reaksi kimia
untuk menghasilkan arus listrik. Perbedaannya terletak pada sumber energi yang
didapat, jika baterai memanfaatkan reaksi kimia dan membutuhkan pengisian daya
untuk mendapatkan arus listrik maka fuel cell tidak membutuhkan pengisian daya
melainkan pengisian bahan bakar. Jadi fuel cell memanfaatkan bahan bakar untuk
direaksikan secara elektrolisis untuk menghasilkan elektron dan mengalirkan
arus listrik. Salah satu bahan bakar yang sering digunakan untuk fuel cell
adalah hidrogen.
G. Solar cell
Solar cell adalah suatu
alat yang mampu mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik. Dalam
perkembangan energi listrik mampu dimanfaatkan menjadi berbagai macam energi
lainnya, salah satu contohnya energi gerak.
Secara sederhana solar
cell terdiri dari persambungan bahan semikonduktor bertipe p dan n (p-n
junction semiconductor) yang jika tertimpa sinar matahari maka akan terjadi
aliran electron, nah aliran electron inilah yang disebut sebagai aliran arus
listrik.
mesin adalah suatu alat yang menghasilkan gerak atau kerja
BalasHapus2. macam² mesin konversi energi adalah sebagai berikut
A. MOTOR BAKAR
(1).motor pembakaran luar
(2).motor pembakaran dalam
-berdasarkan prinsip kerjanya motor bakar bagian atas ada 3.
macam ,yaitu
(1).motor bakar bensin
(2).motor bakar disel
(3).motor bakar wankel
B.turbin gas
C.motor listrik
D.kompresor
E.refrigasi(pengkondisi udara)
G.solar cell
NAMA : LUKMAN DWI CANDRA
1. mesin konversi energi adalah suatu pesawat yang mengubah suatu energi menjadi energi yang lain,sehingga menghasilkan suatu kerja atau usaha yang dimanfaatkan untuk kepentingan manusia.
BalasHapus2.mesin mesin konversi energi secara sederhana dapat menjadi dua yaitu mesin konversi energi konvensional dan mesin energi konverai nonkonvensional.
3.motor bakar adalah mesin atau pesawat yang mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi mekanik pada gerak naik turun piston.
4. gas turbine engine adalah suatu pesawat yanf memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar tubin dengan pembakaran internal.
5.motor listrik merupakan sebuah perangkat elektromagnetik yang mengubah enegi listrik menjadi energi mekanik.
NAMA RIZAL
KELAS X TAHFID TBSM
Mesin adalah suatu alat yang menghasilkan suatu gerak/kerja.
BalasHapus2.2. Macam – Macam Mesin Konversi Energi adalah sebagai berikut :
A. Motor bakar
Motor bakar, merupakan suatu pesawat kerja yang mengubah energi kimia dari campuran bahan bakar menjadi energi mekanik naik turunnya poros engkol.
A. Motor bakar
Pada motor pembakaran dalam, proses pembakaran bahan bakar terjadi didalam mesin itu sendiri, sehingga panas dari hasil pembakaran langsung bisa diubah menjadi tenaga mekanik. Misalnya : pada turbin gas, motor bakar torak dan mesin propulasi pancar gas.
B. TURBIN GAS
Gas-turbine engine adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin dengan pembakaran internal. Didalam turbin gas energi kinetik dikonversikan menjadi energi mekanik melalui udara bertekanan yang memutar roda turbin sehingga menghasilkan daya.
C. MOTOR LISTRIK
Motor Listrik merupakan sebuah perangkat elektromagnetik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik
Konstruksi Motor Listrik
Contoh alat transportasi yang menggunakan prinsip kerja Motor Listrik
D. KOMPRESOR
Kompresor adalah alat pemampat atau pengkompresi udara dengan kata lain kompresor adalah penghasil udara mampat. Karena proses pemampatan, udara mempunyai tekanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara lingkungan
E . REFRIGASI (PENGKONDISI UDARA)
Mesin refrigerasi secara umum digunakan untuk pengkondisian udara suatu ruangan,rumah atau industri, sehingga setiap orang yang berada pada ruangan tersebut akan merasa nyaman. Alat ini biasa disebut dengan Air Conditioning.
F. Sel bahan bakar (fuel cell)
Adalah Fuel cell pada dasarnya mirip dengan baterai yaitu sumber daya yang menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan arus listrik.
Nama Muhamad nasichin
Kelas x tahfidz
Suatu alat yang mengubah,suatu energi menjadi energi lain sehingga menghasilkan kerja/usaha untuk kepentingan manusia disebut mesin konferensi energi
BalasHapusNama:Wahyu Dimas
Kelas: x tahfidz
mesin adalah suatu alat yang menghasilkan gerak atau kerja
BalasHapus2. macam² mesin konversi energi adalah sebagai berikut
A. MOTOR BAKAR
(1).motor pembakaran luar
(2).motor pembakaran dalam
-berdasarkan prinsip kerjanya motor bakar bagian atas ada 3.
macam ,yaitu
(1).motor bakar bensin
(2).motor bakar disel
(3).motor bakar wankel
B.turbin gas
C.motor listrik
D.kompresor
E.refrigasi(pengkondisi udara)
G.solar cell
Suatu alat yang mengubah,suatu energi menjadi energi lain sehingga menghasilkan kerja/usaha untuk kepentingan manusia disebut mesin konferensi energi
mesin adalah suatu alat yang menghasilkan gerak atau kerja
BalasHapus2. macam² mesin konversi energi adalah sebagai berikut
A. MOTOR BAKAR
(1).motor pembakaran luar
(2).motor pembakaran dalam
-berdasarkan prinsip kerjanya motor bakar bagian atas ada 3.
macam ,yaitu
(1).motor bakar bensin
(2).motor bakar disel
(3).motor bakar wankel
B.turbin gas
C.motor listrik
D.kompresor
E.refrigasi(pengkondisi udara)
G.solar cell
Suatu alat yang mengubah,suatu energi menjadi energi lain sehingga menghasilkan kerja/usaha untuk kepentingan manusia disebut mesin konferensi energi
Nama; avriliarahmayu
Kelas X TBSM
mesin adalah suatu alat yang menghasilkan gerak atau kerja. Suatu alat yang mengubah suatu energi menjadi energi lain sehingga menghasilkan kerja atau usaha untuk kepentingan manusia disebut mesin konferensi energi. Ada beberapa macam mesin konverensi energi yaitu :
BalasHapus1. Motor bakar
2. Turbin gas
3. Motor listrik
4. Kompresor
5. Refrigasi
6. Solar cell
Na : Ahmad muftiuddin
Kls:,x tbsm
Mesin adalah suatu alat yang menghasilkan suatu gerak/kerja.
BalasHapus2.2. Macam – Macam Mesin Konversi Energi adalah sebagai berikut :
A. Motor bakar
Motor bakar, merupakan suatu pesawat kerja yang mengubah energi kimia dari campuran bahan bakar menjadi energi mekanik naik turunnya poros engkol.
A. Motor bakar
Pada motor pembakaran dalam, proses pembakaran bahan bakar terjadi didalam mesin itu sendiri, sehingga panas dari hasil pembakaran langsung bisa diubah menjadi tenaga mekanik. Misalnya : pada turbin gas, motor bakar torak dan mesin propulasi pancar gas.
B. TURBIN GAS
Gas-turbine engine adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin dengan pembakaran internal. Didalam turbin gas energi kinetik dikonversikan menjadi energi mekanik melalui udara bertekanan yang memutar roda turbin sehingga menghasilkan daya.
C. MOTOR LISTRIK
Motor Listrik merupakan sebuah perangkat elektromagnetik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik
Konstruksi Motor Listrik
Contoh alat transportasi yang menggunakan prinsip kerja Motor Listrik
D. KOMPRESOR
Kompresor adalah alat pemampat atau pengkompresi udara dengan kata lain kompresor adalah penghasil udara mampat. Karena proses pemampatan, udara mempunyai tekanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara lingkungan
E . REFRIGASI (PENGKONDISI UDARA)
Mesin refrigerasi secara umum digunakan untuk pengkondisian udara suatu ruangan,rumah atau industri, sehingga setiap orang yang berada pada ruangan tersebut akan merasa nyaman. Alat ini biasa disebut dengan Air Conditioning.
F. Sel bahan bakar (fuel cell)
Adalah Fuel cell pada dasarnya mirip dengan baterai yaitu sumber daya yang menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan arus listrik.
Nama Syarifuddin abdullah
Kelas x tahfidz
Mesin adalah suatu alat yang menghasilkan suatu gerak/kerja.
BalasHapus2.2. Macam – Macam Mesin Konversi Energi adalah sebagai berikut :
A. Motor bakar
Motor bakar, merupakan suatu pesawat kerja yang mengubah energi kimia dari campuran bahan bakar menjadi energi mekanik naik turunnya poros engkol.
A. Motor bakar
Pada motor pembakaran dalam, proses pembakaran bahan bakar terjadi didalam mesin itu sendiri, sehingga panas dari hasil pembakaran langsung bisa diubah menjadi tenaga mekanik. Misalnya : pada turbin gas, motor bakar torak dan mesin propulasi pancar gas.
B. TURBIN GAS
Gas-turbine engine adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin dengan pembakaran internal. Didalam turbin gas energi kinetik dikonversikan menjadi energi mekanik melalui udara bertekanan yang memutar roda turbin sehingga menghasilkan daya.
C. MOTOR LISTRIK
Motor Listrik merupakan sebuah perangkat elektromagnetik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik
Konstruksi Motor Listrik
Contoh alat transportasi yang menggunakan prinsip kerja Motor Listrik
D. KOMPRESOR
Kompresor adalah alat pemampat atau pengkompresi udara dengan kata lain kompresor adalah penghasil udara mampat. Karena proses pemampatan, udara mempunyai tekanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara lingkungan
E . REFRIGASI (PENGKONDISI UDARA)
Mesin refrigerasi secara umum digunakan untuk pengkondisian udara suatu ruangan,rumah atau industri, sehingga setiap orang yang berada pada ruangan tersebut akan merasa nyaman. Alat ini biasa disebut dengan Air Conditioning.
F. Sel bahan bakar (fuel cell)
Adalah Fuel cell pada dasarnya mirip dengan baterai yaitu sumber daya yang menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan arus listrik.
Nama:desto arya putra
Kelas: x TBSM
Mesin adalah suatu alat yang menghasilkan suatu gerak/kerja. Dari uraian diatas, dapat disimpulkan Mesin Konversi Energi adalah suatu alat yang mengubah suatu energi menjadi energi yang lain sehingga menghasilkan suatu kerja/usaha yang dimanfaatkan untuk kepentingan manusia.
BalasHapusNama:desto arya putra
Kelas: x TBSM