Sistem penerangan sepeda motor adalah komponen standar yang harus dimiliki oleh sebuah kendaran seperti sepeda motor, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk keselamatan pengendara dan orang lain. Adapun fungsi system penerangan adalah sebagai penerangan jalan kepada pengemudi dan orang lain untuk ketertiban dan keselamatan bersama.
Yang termasuk komponen system penerangan sepeda motor antara lain:
- Lampu Kepala (Head Lamp)
Lampu kepala terletak di depan kendaraan yang berfungsi sebagai penerangan jalan sekaligus agar terlihat posisi kita oleh orang lain terutama pada malam hari.
- Lampu dekat
adalah lampu yang menyala dengan arah penyinaran yang mengarah turun diatas jalan raya dengan jarak sinar jatuh diatas permukaan jalan sejauh 50 meter dari sepeda motor.hal ini dimaksudkan agar pengendara mendapatkan penerangan yang optimal pada permukaan jalan pada saat kendaraan melaju pada kecepatan kurang lebih 50 km/jam tanpa menyebabkan silau pada pengendara lain yang sedang berpapasan.
2. Lampu jauh
adalah lampu yang
menyala dengan arah penyinaran lurus kedepan, dengan tujuan pengendara
mendapatkan penerangan yang lebih jelas dengan jarak pandang yang lebih jauh.
Karena arah sinar lampu yang lurus kedepan maka sinar ini menyebabkan silau
serta membahayakan pengendara lain yang sedang berpapasan, oleh sebab itu lampu
jauh hanya boleh digunakan ketika sedang tidak berpapasan dengan pengendara
lain.
- Sumber tegangan yang digunakan pada sistem penerangan ada 2 macam yaitu:
2. Sumber tegangan yang diambil dari arus searah ( DC ) Baterai disebut sistem penerangan DC.
Sistem penerangan AC hanya dapat menyala ketika mesin hidup karena pembangkitan arus diperoleh dari putaran generator. Sedangkan sistem penerangan DC dapat menyala pada saat mesin belum dihidupkan tetapi cukup dengan menyalakan kunci kontak.
- Konstruksi lampu kepala
1. Unit lampu terletak
dibagian Kemudi (sepeda motor jenis Cub).
Semua bagian dari lampu kepala yaitu Reflektor dan lensa serta soket lampu kepala diikat pada kerangka kemudi dan tertutup Cover kemudi. Untuk memperbaiki /mengganti bola lampu maka perlu membongkar cover kemudi.
2. Unit lampu terletak
pada shock Absorber bagian atas (Jenis sepeda motor Sport)
Rumah reflector dan lensa/ kaca bias dipasang pada bagian shock absorber sehingga untuk melakukan perbaikan / penggantian bola lampu cukup dengan melepas baut pengikat reflector dari bagian samping.
3. Unit lampu terletak pada Cover Body depan ( Jenis scooter )
Konstruksi lampu jenis ini merupakan bagian bagian yang terintegrasi antara reflector, lensa dan pengikat bola lampu. Unit lampu terikat pada kerangka sepedamotor dan tertutup oleh cover body. Pada saat akan memperbaiki/ mengganti bola lampu maka harus melepas cover bodi terlebih dahulu atau melalui celah yang berada dibawah lampu kepala.
Penerangan yang diperlukan pengemudi pada saat malam hari yaitu penerangan panel instrument .
1. Panel Instrument
Lampu panel berfungsi sebagai penerangan pada panel pengemudi antara lain penerangan speedometer, penerangan meter bahan bakar, temperature mesin
2. Penerangan plat
nomor.
Lampu penerangan plat nomor merupakan kelengkapan standar yang harus ada pada sepedamotor sehubungan dengan peraturan lalu lintas jalan raya. Lampu ini selain berfungsi untuk menerangi plat nomor juga berfungsi sebagai tanda bagi pengendara lain yang berada dibelakang kita. Sesuai peraturan lalu lintas selubung plastik/lensa secara keseluruhan berwarna merah kecuali pada bagian bawah tidak berwarna/transparan dengan maksud agar plat nomor dapat terlihat jelas pada saat malam hari. Lampu penerangan plat nomor menyala bersama lampu kota dengan sumber tegangan sesuai dengan sistem tegangan yang digunakan untuk menyalakan lampu kepala, seperti yang dibahas sebelumnya.
Setelah memahami materi dengan seksama silahkan untuk melanjutkan tes pemahaman materi melalui tautan berikut.
Rachmad trianto wibowo
BalasHapusHadir
BalasHapusPaham
BalasHapusHadir
BalasHapusPahamm
BalasHapusSaya paham
BalasHapus